Skip to content

Diabetes Salah Satu Komorbid Terbanyak COVID-19. Ini Ramuan Herbal Untuk Mengendalikan Gula Darah

Kondisi penyakit bawaan atau komorbid dapat meningkatkan risiko kematian dan tingkat keparahan Covid-19. Perlu diketahui, komorbid adalah istilah kedokteran untuk menunjukkan penyakit bawaan atau penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita. Nah hubungannya dengan infeksi virus COVID-19 ini adalah karena komorbid kerap kali menyebabkan penderita covid-19 merasakan gejala yang berat. Salah satu komorbid yang sering ditemukan pada penderita COVID-19 adalah Diabetes melitus. Penyakit diabetes adalah penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 yang perlu dikendalikan dengan pengobatan intensif. Penyakit diabetes yang tidak terkontrol bisa melemahkan daya tahan tubuh dan menimbulkan kerusakan berbagai organ vital. Penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 berisiko fatal karena infeksi virus corona juga meningkatkan risiko komplikasi berbahaya seperti ketoadiosis dan infeksi yang meluas atau sepsis. Bagi Anda yang menderita diabetes, ada bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengendalikan gula darah.Yaitu kayu manis. Rempah ini dipercaya menurunkan tingkat resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah setelah makan, serta melawan peradangan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Salah satu penelitian yang mendukung manfaat kayu manis untuk menurunkan gula darah adalah penelitian dari Journal Diabetes Science and Technology. Dari penelitian didapatkan mengonsumsi kayu manis 1, 3 atau 6 gram per hari bagi penderita diabetes tipe 2 dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung. Tapi tentunya, bukan berarti mengonsumsi kayu manis membuat Anda bebas mengonsumsi gula dan karbohidrat. Anda tetap harus mengikuti aturan makan sehat khusus diabetes. Dan ada 2 cara untuk mengolah kayu manis sebagai obat alami diabetes. 1. Menambahkan bubuk kayu manis ke makanan atau minuman Anda bisa menambahkan ¼-½ sendok teh bubuk kayu manis per hari ke makanan atau minuman. 2. Air rebusan kayu manis Rebus atau seduh 2 batang kayu manis 2 yang panjangnya 5 cm dengan 200 ml air bersih. Anda sebaiknya minum air seduhan kayu manis tersebut dua kali sehari agar efektif menurunkan kadar gula darah. Dan yang paling penting selalu gunakan takaran yang sama setiap harinya untuk menghindari kadar gula darah yang cepat naik-turun. Juga pastikan Anda menggunakan kayu manis bubuk atau batangan, bukan produk olahan kayu manis seperti minyak kayumanis, misalnya. Ini karena kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip insulin dan menaikkan sensitivitas insulin ini tidak ditemukan pada minyak kayu manis.

Kondisi penyakit bawaan atau komorbid dapat meningkatkan risiko kematian dan tingkat keparahan Covid-19.

Perlu diketahui, komorbid adalah istilah kedokteran untuk menunjukkan penyakit bawaan atau penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita.

Nah hubungannya dengan infeksi virus COVID-19 ini adalah karena komorbid kerap kali menyebabkan penderita covid-19 merasakan gejala yang berat.

Salah satu komorbid yang sering ditemukan pada penderita COVID-19 adalah Diabetes melitus.

Penyakit diabetes adalah penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 yang perlu dikendalikan dengan pengobatan intensif.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol bisa melemahkan daya tahan tubuh dan menimbulkan kerusakan berbagai organ vital.

Penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 berisiko fatal karena infeksi virus corona juga meningkatkan risiko komplikasi berbahaya seperti ketoadiosis dan infeksi yang meluas atau sepsis.

Bagi Anda yang menderita diabetes, ada bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengendalikan gula darah.Yaitu kayu manis.

Rempah ini dipercaya menurunkan tingkat resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah setelah makan, serta melawan peradangan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Salah satu penelitian yang mendukung manfaat kayu manis untuk menurunkan gula darah adalah penelitian dari Journal Diabetes Science and Technology.

Baca Juga :

Dari penelitian didapatkan mengonsumsi kayu manis 1, 3 atau 6 gram per hari bagi penderita diabetes tipe 2 dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung.

Tapi tentunya, bukan berarti mengonsumsi kayu manis membuat Anda bebas mengonsumsi gula dan karbohidrat. Anda tetap harus mengikuti aturan makan sehat khusus diabetes.

Dan ada 2 cara untuk mengolah kayu manis sebagai obat alami diabetes.

  1. Menambahkan bubuk kayu manis ke makanan atau minuman

Anda bisa menambahkan ¼-½ sendok teh bubuk kayu manis per hari ke makanan atau minuman.

  • Air rebusan kayu manis

Rebus atau seduh 2 batang kayu manis 2 yang panjangnya 5 cm dengan 200 ml air bersih. Anda sebaiknya minum air seduhan kayu manis tersebut dua kali sehari agar efektif menurunkan kadar gula darah. 

Dan yang paling penting selalu gunakan takaran yang sama setiap harinya untuk menghindari kadar gula darah yang cepat naik-turun.

Juga pastikan Anda menggunakan kayu manis bubuk atau batangan, bukan produk olahan kayu manis seperti minyak kayumanis, misalnya. Ini karena kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip insulin dan menaikkan sensitivitas insulin ini tidak ditemukan pada minyak kayu manis.