Skip to content

4 Ramuan Herbal Ini Dapat Menjaga Gula Darah Tetap Normal

menjaga gula darah tetap normal

Sebenarnya kadar gula darah normal sangat penting untuk menjaga energi dan stamina tubuh Anda. Umumnya, kadar gula darah sebelum makan sekitar 70 – 130 mg/dL, dua jam setelah makan menjadi kurang dari 140 mg/dL. Kadar gula darah yang baik sebelum tidur adalah 100 – 140 mg/dL.

Jika kadar gula darah Anda terlalu rendah di bawah 70 mg/dL, Anda akan mengalami hipoglikemia yang ditandai dengan tubuh lemas, kulit pucat, kelelahan, gelisah dan sulit berkonsentrasi.

Sedangkan jika kadar gula darah yang terlalu tinggi di atas 140 mg/dL, Anda akan mengalami tubuh yang cepat lelah, berkurangnya bobot tubuh, sering haus, mudah gelisah, penglihatan buram hingga infeksi gigi.

Cara Menormalkan Gula Darah

Bila Anda mengalami beberapa gejala di atas, Anda tentu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih sehat. Cara yang paling mudah, Anda bisa mengkonsumsi makanan untuk menormalkan gula darah seperti biji-bijian utuh, sereal, kacang hijau dan brokoli. Makanan tersebut mengandung kromium yang berguna untuk mengendalikan gula darah dalam jangka panjang.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti sayuran hijau gelap, pisang, alpukat, ikan dan dark chocolate. Mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium secara teratur menjadi salah satu cara ampuh untuk menurunkan gula darah.

Ramuan Herbal Untuk Menjaga Gula Darah Normal

Selain bahan makanan yang disebutkan tadi, mengkonsumsi ramuan herbal secara teratur juga  dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Sejak dulu, ramuan herbal yang diracik dengan bahan-bahan alami dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk menjaga gula darah normal. Berikut merupakan beberapa ramuan herbal yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, antara lain:

1. Ramuan Kayu Manis

Kayu manis dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Cara menurunkan gula darah dengan kayu manis yaitu dengan mengkonsumsinya secara rutin setelah makan. Seperti insulin, kayu manis mampu memperlambat kenaikan gula darah yang dihasilkan dari makanan. Anda bisa mengkonsumsi kayu manis sekitar 1 – 6 gram per hari atau setara dengan setengah sampai dua sendok teh.

Baca Juga :

2. Ramuan Biji Kelabat

Kelabat atau yang juga dikenal sebagai biji fenugreek menjadi salah satu resep herbal terampuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Selain menurunkan kadar gula darah, fenugreek dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Anda bisa menambahkan tebung fenugreek pada makanan untuk mengobati diabetes, atau menambahkannya pada larutan teh yang sudah diseduh.

3. Jus Bayam Dan Seledri

Campuran bayam dan seledri berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Selain menghilangkan racun, ramuan bayam dan seledri efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Jus Pare

Dibalik rasanya yang pahit, pare mengandung begitu banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat mujarab untuk penyakit diabetes.